Gerakan Pramuka (Mengabdi Tanpa Batas)

Api dharma satu persatu mulai dinyalakan melalui obor-obor pembawa Dasa Dharma. Menghangatkan suasana upacara ulang janji Pramuka yang diadakan di Sasana Langen Budaya SMA Negeri 1 Dukun. Dimalam istimewa ini, Pramuka SMA Negeri 1 Dukun mendapatkan kehormatan untuk menjadi petugas dalam upacara ulang janji pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) kecamatan Dukun.

Upacara yang dilakukan pada Sabtu, 13 Agustus 2022 pukul 19.30 ini dihadiri oleh sekurangnya 100 peserta. Adapun tamu undangan dalam upacara yang di gelar di malam ulang tahun pramuka yang ke 61 ini antara lain Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Dukun, Pembina Pramuka se kecamatan dukun, Dewan Kerja Ranting (DKR) kecamatan Dukun, serta beberapa guru dan karyawan SMA Negeri 1 Dukun.

Dalam Upacara ulang janji tersebut Bapak Nur Imam, S.Sos berlaku sebagai pembina upacara. Upacara berjalan dengan lancar hingga berakhir sekitar pukul 21.00. Seusai upacara, seluruh tamu undangan melakukan sarasehan di laboratorium Biologi SMA Negeri 1 Dukun hingga  pukul 22.30. Dalam sarasehan tersebut Ibu Sulistyadiati berlaku sebagai pembawa acara, dengan pembicara Bapak Slamet selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran), Bapak Budi selaku Sekretaris Kwartir Ranting (Kwaran), serta Bapak Yanto selaku Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Dukun. Salah satu isi sarasehan yang disampaikan oleh pak Yanto adalah mengenai kebijakan pemerintah kecamatan dukun yang belum mengizinkan adanya kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan banyak orang.

Serangkaian acara hari ulang tahun Pramuka yang ke 61 tidak berhenti di ulang janji. Senin 15 Agustus 2022 SMA Negeri 1 Dukun kembali mengadakan upacara peringatan hari ulang tahun di halaman SMA Negeri 1 Dukun. Upacara yang dimulai pukul 08.00 diikuti oleh siswa siswi kelas XI SMA Negeri 1 Dukun, dua kontingen Sekolah Dasar (SD), satu kontingen Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pembina Pramuka se kecamatan Dukun serta Forkompincam Dukun.

Upacara yang berlangsung di bawah terik matahari ini berjalan cukup khidmat dengan Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Dukun sebagai petugas upacara. Ganesha dan Nandheswari sebutan bagi ambalan putra dan putri SMA Negeri 1 Dukun membawakan upacara dengan lancar dan tanpa kendala. Bapak Nur Imam yang berlaku sebagai pembina upacara menyampaikan sambutan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) yang ditulis oleh Komjen Pol Drs. Budi Wases.

Selepas Upacara hari Pramuka, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran. Peserta Upacara cukup antusias mengikuti simulasi meskipun tengah berada di tengah terik matahari. Beberapa siswa mempraktikkan cara pemadaman api dengan handuk basah, bahkan ibu Ruri selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dukun pun turut andil dalam simulasi.

 

Syarifatur Rahma Budiarti