GELORA AKSAGEMA

Sinar mentari pagi mencoba menyelinap di sela-sela mendung langit SMA Negeri 1 Dukun Kamis 6 Oktober 2022. Apel pembukaan kegiatan AKSAGEMA yang rencananya dilaksanakan pukul 07.15 terpaksa harus diundur ke jam 09.30 karena gerimis enggan berhenti membasahi bumi. AKSAGEMA (semarak berbahasa dan berbudaya Ganesha muda) ini diadakan dalam rangka memperingati bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober. AKSAGEMA sedianya akan rutin diadakan tiap tahun, dan event ini merupakan kali keduanya. OSIS SMA Negeri 1 Dukun yang berlaku sebagai panitia telah bergiat menyiapkan apel yang diikuti oleh semua siswa-siswi SMA Negeri 1 Dukun dan dewan guru.

Acara pembukaan AKSAGEMA ini dibawakan apik oleh Mega Suci dan Fauzan siswa Fase E yang berlaku sebagai Master of Ceremony. Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars SMA oleh seluruh peserta apel, dan dilanjutkan sambutan oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Dukun Ibu Ruri Purnamawati,S.Pd. Dalam Sambutannya bu Ruri menyampaikan bulan Bahasa merupakan momentum bagi siswa untuk berkreasi, berkarya dan belajar tentang budaya Indonesia. “ Pesan saya, rayakan dan isi momentum ini dengan penuh semangat dan suka cita” tutur bu ruri. Beliau pun sempat menyampaikan semboyan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu; Utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan Bahasa daerah dan kuasai bahasa asing.

Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua OSIS periode 25 Muhammad Alif Naufal Faiq dan ketua kegiatan AKSAGEMA Zahra Dwi. Acara pembukaan kemudian ditutup dengan rangkaian ceremony mulai dari pertunjukan tari, pengibaran bendera AKSAGEMA, pemukulan Gong oleh Ibu Ruri dan pembacaan puisi karya Zahra Dwi oleh Naili yang berjudul Sejurus Kalimat yang Penuh Makna.

 

Tulisan oleh: Syarifatur Rahma
Foto oleh : Akna Mumtaz Fatkurochim (XI Mipa 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *