Tim SMA Negeri 1 Dukun Meraih Juara 1 Kompetisi Perakitan Jembatan Balsa Tingkat SMA/K Wilayah Jateng DIY

Siswa SMA Negeri 1 Dukun atas nama Fari Hasan Pangestu (XII MIPA 1), Henny Oktaviani (XII MIPA 1) dan Ira Dwi Astuti (XII MIPA 2) berhasil meraih Juara 1 dalam Kompetisi Perakitan Jembatan Balsa tingkat SMA/SMK se-Jawa Tengah & DIY, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, Universitas Tidar Magelang dan diikuti oleh peserta didik dari tingkat SMA sederajad di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema dari kegiatan tersebut adalah “Membangun Kemajuan Teknologi Konstruksi dan Infrastruktur”.

Mewakili SMAN 1 Dukun, 3 siswa yang tergabung dalam tim “sukses smanduk” berkompetisi dengan berbagai siswa dari SMK Negeri maupun swasta di Jawa Tengah dan DIY. Dari calon peserta yang mendaftar, hanya dipilih oleh panitia sebanyak 10 tim yang memenuhi kualifikasi untuk hadir berkompetisi dalam lomba perakitan jembatan. Uniknya, SMAN 1 Dukun merupakan satu-satunya peserta yang berasal dari SMA, dan harus bertanding melawan peserta dari SMK Jurusan Teknik.

Setelah kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Untid, Bapak Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T., IPU., kegiatan dilanjutkan dengan Perlombaan. Kegiatan perlombaan ini terbagi ke dalam 3 sesi, pertama yaitu briefing dari panitia serta menyiapkan alat dan bahan. Kedua, Perakitan jembatan dengan alokasi waktu selama 3 jam. Dan terakhir yakni pembobotan jembatan atau uji efisiensi jembatan.

Penjurian dilaksanakan oleh 3 dosen FT Untid selama proses perlombaan berlangsung. Indikator penilaian juri dari kompetisi perakitan jembatan ini di antaranya: bentuk dan kerapihan jembatan, kekompakan dan kebersihan selama proses perakitan serta efisiensi jembatan yang diukur dengan melakukan uji pembebanan pada jembatan yang telah dibuat dengan muatan pasir. Hasil jembatan yang dirakit oleh Tim Smanduk dengan berat 9,7 gram mampu menahan beban seberat 11,88 kg.

Dengan berbekal kekompakan, pembagian tugas yang efektif serta optimisme, akhirnya SMAN 1 Dukun diumumkan sebagai Juara 1 dengan perolehan skor tertinggi.

Dukun, 31 Agustus 2022 (Sari Widyastuti & Syarifatur Rahma)